About

Sabtu, 24 Agustus 2013

Pengertian network planning adalah........

Pengertian network planning adalah sebuah jadwal kegiatan pekerjaan berbentuk diagram network sehingga dapat diketahui pada area mana pekerjaan yang termasuk kedalam lintasan kritis dan harus diutamakan pelaksanaanya. cara membuat network planning bisa dengan cara manual atau menggunakan software komputer seperti ms project. untuk membuatnya kita membutuhkan data-data yaitu

  • Jenis pekerjaan yang dibuat detail rincian item pekerjaan, contohnya jika kita akan membuat network planning pondasi batu kali maka apabila dirinci ada pekerjaan galian tanah, pasangan pondasi batu kali kemudian urugan tanah kembali.
  • Durasi waktu masing-masing pekerjaan, dapat ditentukan berdasarkan pengalaman atau menggunakan rumus analisa bangunan yang sudah ada.
  • Jumlah total waktu pelaksanaan pekerjaan.
  • Metode pelaksanaan konstruksi sehingga dapat diketahui urutan pekerjaan.
Selain network planning kita kenal juga jenis jadwal lain yang digunakan dalam melaksanakan proyek seperti kurva S, Bar chart, schedule harian mingguan bulanan dll.


Cara membuat network planning
Seperti sudah kita ketahui sebelumnya bahwa untuk membuatnya bisa menggunakan cara manual atau dengan bantuan komputer. nah… kita akan mencoba membuat artikel khusus tentang urutan pembuatanya sehingga bisa lebih jelas.

Kegunaan network planning
  1. Untuk mengatur jalannya proyek.
  2. Mengetahui lintasan kritis pekerjaan.
  3. Untuk mengetahui jenis pekerjaan mana yang tidak masuk lintasan kritis sehingga pengerjaanya bisa lebih santai sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama yang harus tepat waktu.
  4. Mengetahui pekerjaan mana yang harus diutamakan dan dapat selesai tepat waktu.
  5. Sebagai rekayasa value engineering sehingga dapat ditentukan metode kerja termurah dengan kualitas terbaik.
  6. Untuk persyaratan dokumen tender lelang proyek.

Di bangku kuliah khususnya jurusan teknik sipil kita mempelajarinya pada mata pelajaran manajemen konstruksi atau pada mata kuliah rencana anggaran biaya bangunan ( RAB ), dalam pekerjaan banyak digunakan oleh kontraktor, konsultan pengawas atau konsultan perencana untuk mengatur jalanya proyek pembangunan. jadi bagi yang kebetulan mahir dalam membuatnya dan bersedia berbagai tentang ilmu penjadwalan proyek ini sehingga bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan dan  mencari network planning :-).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More